Tuesday 25 August 2015

Peran Mahasiswa

Mahasiswa adalah “maha” siswa, yaitu seorang siswa yang telah mencapai tingkat lebih tinggi lagi. Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menuntut ilmu di pergruan tinggi. Mahasiswa adalah seseorang yang memiliki potensial dalam memahami perubahan dan perkembangan di dunia pendidikan dan lingkungan masyarakat. Yang memiliki posisi dan peran sebagai agent of change, social controler, dan the future leader.Mahasiswa sebagai bagian dari kaum muda dalam tatanan masyarakat yang mau tidak mau pasti terlibat langsung dalam tiap fenomena sosial, harus mampu mengimplementasikan kemampuan keilmuannya dalam akselerasi perubahan keumatan ke arah berkeadaban.
Berikut adalah Peran Mahasiswa Sebagai Berikut :
1. Calon Pemimpin Bangsa atau "Iron Stock"     Pemimpin Bangsa yang baik adalah Pemimpin yang tidak baik di awal saja. Namun, Pemimpin Baik adalah Pemimpin yang memiliki Komitmen, Tanggung Jawab pada dirinya sendiri dan untuk rakyat. Punya Rasa Kepedulian, Rasa Kasih Sayang, dan Rasa saling cinta agar hubungan yang terjalin menjadi baik - baik saja. Lakukan hal yang positif dan tidak bersifat pribadi melainkan bersifat umum. Saran dan Kesan adalah cara membangun yang menjadi lebih baik lagi dan lagi dan seterusnya.
      4. Dapat Dipercaya.
2.  Kepedulian Sosial atau "Social Control"
 Di Indonesia ini, masyarakatnya kebanyakan cenderung saling acuh tak acuh saling tidak peduli sama lain. Padahal, Indonesia adalah memiliki Jumlah Penduduk terbanyak, Tak hanya itu, kekayaan alam, beragam budaya, dan sebagainya. Jika dikaji ulang, Indonesia bisa menjadi Negara yang subur setiap warganya. Hidup di dunia ini bukan hidup sendiri - sendiri melainkan hidup saling membantu dan mebutuhkan satu sama lain.
5. Saling memberikan Pengarahan atau sosialisasi dengan baik.  
3. Perubahan Sosial atau “agent of change”
      Langkah - Langkah Peran Mahasiswa Sebagai Calon Pemimpin Bangsa Sebagai Berikut :
      1. Jujur (dalam dirinya sendiri).
      2. Memberikan kritik yang positif.
      3. Membantu dengan kemampuanmu.
Kepedulian Sosial bisa dilakukan dengan cara, sebagai berikut :
1. Rasa Peduli.
2. Rasa Kebersamaan,
3. Saling Silaturahmi antar tetangga di lingkungan.
4. Saling gotong royong.
Sebagai agen perubahan, mahasiswa bertindak bukan ibarat pahlawan yang datang ke sebuah negeri lalu dengan gagahnya mengusir penjahat-penjahat dan dengan gagah pula sang pahlawan pergi dari daerah tersebut diiringi tepuk tangan penduduk setempat. Dalam artian kita tidak hanya menjadi penggagas perubahan, melainkan menjadi objek atau pelaku dari perubahan tersebut. Sikap kritis mahasiswa sering membuat sebuah perubahan besar dan membuat para pemimpin yang tidak berkompeten menjadi gerah dan cemas.

Sadar atau tidak, telah banyak pembodohan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pemimpin bangsa ini. Kita sebagai mahasiswa seharusnya berpikir untuk mengembalikan dan mengubah semua ini. Perubahan yang dimaksud tentu perubahan kearah yang positif dan tidak menghilangkan jati diri kita sebagai mahasiswa dan Bangsa Indonesia. Namun untuk mengubah sebuah negara, hal utama yang harus dirubah terlebih dahulu adalah Sifat Kepribadian yang kurang bagus pada diri sendiri.

4. Mahasiswa sebagai “moral force”
Mahasiswa sebagai “moral force”, kita sebagai mahasiswa berperan sebagai kekuatan moral. Gelar moral force ini diberikan kepada kita sebagai mahasiswa oleh masyarakat, sebab kitalah yang akan menjadi kekuatan moral untuk negri. Kijta sebagai mahasiswa harus memiliki acuan dasar dalam berprilaku. Acuan dasar itu adalah tingkah laku, perkataan, cara berpakaian, cara bersikap, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan moral yang baik. Semua acuan itu harus kita perbaiki agar kita memiliki moral yang baik, bukanya moral yang buruk. Disinilah kita dituntut untuk keintelektualan kita dalam kekuatan moral kita didalam masyarakat.



0 comments:

Post a Comment