Sunday 8 May 2016

Perdana di Tahun 2016





 Penelitian Pertama kali dalam terjun langsung ke lapangan dengan melihat, mencari sebuah informasi data secara pengamatan dan wawancara secara mendalam. Untuk lokasi penelitian tersebut ada di Dusun Jurang kuali, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Lokasi yang sangat dingin, sejuk dan nyaman. Kenyamanan tersebut didapat karena keramahan warga masyarakat setempat. Tidak hanya itu,  Saya sudah dikasih tempat tinggal sementara secara Cuma – Cuma, makanan gratis, dan membuat minuman sendiri di rumah keluarga bapak asmat. Bapak asmat ini bekerja sebagai petani dengan mempunyai lahan, sedangkan ibu satunah bekerja sebgai tukang pijat dan menjual jamu tradisional. Grandchildren Asmat family this named Saiful that is stiil to vocation school. Keluarga ini menyenangkan, gokil dan saya mendapatkan pembelajaran yang sebelumnya belum saya dapat. Sehingga, saya sangat berterima kasih kepada keluarga asmat ini, kenapa tidak ? mereka sangat sabar dan telaten dalam memberikan kasih sayang selayaknya orang tua yang memberikan ke anaknya. Sungguh beruntung telah dipertemukan dan bisa tinggal bersama keluarga asmat ini. Mereka seperti tidak keberatan untuk saya bisa ditinggal rumah ini untuk jangka waktu yang lama. rumah yang nyaman tenteram dengan pemandangan depan rumah yang bisa melihat secara langsung dengan kedua mata yaitu tempat ladang kentang, apel, sawi dan wortel. Dan tidak hanya itu, hamparan gunung dan rumah dataran tinggi.

Dalam penelitian ini, saya terfokuskan dengan Pengetahuan tentang Pertanian Organik yang ada di Sumber Brantas, Batu. Saat turun lapangan dengan melihat – lihat kondisi dengan mencari pengetahuan dari petani setempat. Petani ini sangat ramah saat didatangi dan diajak berbincang – bincang. Dengan itu mempermudah dalam mendapatkan sebuah data penelitian. Ya memang, saya juga belajar dalam berkontribusi dan bersikap dalam mencari dan mendapatkan sebuah data pada informan khususnya petani. Ternyata, petani disini tidak hanya memberikan data namun mendapatkan pembelajaran dari curahan cerita dalam sebuah harapan dari petani untuk kedepannya. Saya juga belajar dari mereka, karena tiap hari petani pergi ke ladang dari matahari terbit sekitar jam 06.00 WIB sampai matahari tepat diatas kepala sekitar jam 13.00 WIB yang mereka lakukan adalah melihat, menganalisa, mencari solusi dan lalu bertindak agar hasil panen bisa sesuai dengan harapan petani tersebut. Dari situ mereka tidak ingin gagal panen begitu saja. Tidak mudah mendapatkan hasil maksimal, butuh pengorbanan, kesabaran dan kerja keras itu yang ada di benak petani. Untuk masalah paguyuban atau penyuluhan ini yang dilakukan oleh anjasmoro IV sudah berjalan dengan baik dan merata yaitu kumpulan para petani yang ada di dusun jurang kuali, sumber brantas, kota batu. Sehingga, pertanian yang ada disini menjadi kawasan organic karena hasil dari panennya sangat lebih jauh dari bagus dengan dari lainnya yang ada di dataran tinggi. Sehingga, petani disini bisa dikatakan makmur karena pendapatan yang dihasilkan dan juga adanya bantuan dari pemerintah. Karena dijadikan sebagai kawasan organik. Kerja sama antar petani dan pemerintah berjalan dengan baik.

Dengan hal itu, penelitian pertama ini saya gunakan sebagai acuan untuk kedepannya. Meskipun masih belajar untuk mengelola waktu agar hasil data bisa lengkap. Keberanian dalam bertanya juga saya harus terapkan agar tidak malu untuk bertanya. Saya disini belajar tidak semena – mena untuk mencari data saja namun saya dapat pembelajaran dari petani dan keluarga asmat ini. pengalaman yang luar biasa dan saya tidak bisa melupakannya secepat itu. Terima kasih 

0 comments:

Post a Comment