PERTANYAAN :
Umi Af-idah
Assalamu'a laykum wr.Wb. Mbah jenggot, Apa hkumny mengumanda ngkn TAKBIRAN pd hr2 biasa. Krn smalam ank2 saya mau tdur pd takbiran & bangun tdur pun minta d hidupin kasetny, tlong pnjelasann y, sblumny mkasih. Untuk mas Anam mkasih jwabanny, cma yg jd msalah ank2 yg pd takbiran, jg klo ada pendapat dr yg lain, monggo...
JAWABAN: >> Mbah Jenggot:
Wa`alaikum salam.dilu ar id hukumnya makruh tp krn msh anak2 ya biarkan saja....sa ya pikir lebih baik takbiran dari pada melantunka n lagu.
takbir Idul Adha dimulai dari subuh hari Arafah sehari sebelum hari raya dan berakhir setelah terbenam matahari pada hari ketiga dari pada hari-hari Tasyriq. Berikut keterangan nya :
وَيُكَبِّر ُ مِنْ غُرُوْبِ الشَّمْسِ لَيْلَةَ العِيْدِ إِلىَ أَنْ يَدْخُلَ الإِمَامُ فيِ الصَّلاَةِ وَفيِ الأَضْحَى خَلْفَ الصَّلَوَا تِ الفَرَائِض ِ مِنْ صُبْحِ يَوْمِ عَرَفَةَ إِلىَ العَصْرِ مِنْ آخِرِ أَياَّمِ التَّشْرِي ْقِ (كفاية الأخيار جزء 1 ص 150)
Artinya :
Hendaknya orang bertakbir semenjak terbenam Matahari di malam Idul-Fitri sampai dengan pagi harinya, tepatnya yaitu sampai Imam Idul-Fitri melakukan shalatnya. Dan takbir Idul-Adha (selain malamnya) adalah setelah shalat fardu adalah semenjak subuh hari ‘Arafah (yaitu sehari sebelum lebaran tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah ) sampai dengan Asar akhir hari Tasyriq. (hari Tasyriq adalah tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah ) (Syamilah - Kifayatul- Akhyar - Juz 1 hal. 150)
Berikut lanjutan keterangan nya :
يُسْتَحَبُ التَّكْبِي ْرُ بِغُرُوْبِ الشَّمْسِ لَيْلَتَيْ العِيْدِ الفِطْرِ وَالأَضْحَ ى وَلاَ فَرْقَ فيِ ذَلِكَ بَيْنَ المَساَجِد َ وَالبُيُوْ تِ وَالأَسْوَ اقِ وَلاَ بَيْنَ اللَّيْلِ وَالنَّهَا رِ وَعِنْدَ ازْدِحاَمِ الناَّسِ لِيُوَافِق ُوْهُ عَلَى ذَلِكَ وَلاَ فَرْقَ بَيْنَ الحاَضِرِ وَالمُساَف ِرِ (كفاية الأخيار جزء 1 ص150- 151)
Artinya :
Disunnahka n takbir sebab terbenam Matahari di malam Idul-Fitri dan malam Idul Adha, tidak ada perbedaan dalam hal sunnah takbir, artinya tetap disunnahka n baik di mesjid-mes jid, rumah-ruma h atau di pasar-pasa r, juga tidak berbeda antara malam atau siang dan saat orang berkumpul atau tidak, agar semua menyesuaik an dan menghidupk an gema takbir, dan juga tidak berbeda antara berada di rumah atau dalam perjalanan . (Syamilah -Kifayatul -Akhyar - Juz 1 hal. 150-151)
Berikut lanjutan keterangan :
دَلِيْلُهُ فيِ عِيْدِ الفِطْرِ قَوْلُهُ تَعاَلىَ وَلِتُكَبّ ِرُوْا اللهَ عَلَى ماَ هَدَاكُمْ وَفيِ عِيْدِ الأَضْحَى بِالقِياَس ِ عَلَيْهِ وَيُغْنِي عَنْهُ (كفاية الأخيار جزء 1 ص 151)
Artinya :
Dalil tentang disunnahka n takbir Idul-Fitri adalah firman Allah Swt QS. Al-Baqoroh 185, sedangkan dalil takbir Idul-Adha adalah Qiyas (diukurkan ) dengan Idul-Fitri dan demikian itu sudah cukup menjadi alasannya. (Syamilah - Kifayatul- Akhyar - Juz 1 hal. 151)
0 comments:
Post a Comment