Sunday 4 August 2013

Macam macam softaware berdasarkan distribusi | Teknologi Informatika

Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.
Fungsi Software:

   * Mengidentifikasi program,
   * Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol,
   * mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien

Adapun aplikasi software berdasakan lisensi dan jenis distribusi software yaitu 

  1. Freeware: Freeware adalah perangkat lunak bebas alias gratis, biasanya untuk individu, ada versi berbayar untuk digunakan perusahaan. Umumnya iklan atau sponsor proyek terus hidup (ada) dalam aplikasi ini.
  2. Shareware: adalah perangkat lunak yang berjalan hanya untuk jangka waktu tertentu (disebut masa percobaan), maka pengguna harus memutuskan apakah atau tidak membeli produk.
  3. Demo dan Trial: cobaan dan demo versi adalah versi terbatas. Versi demo yang berhubungan dengan game dan biasanya versi lengkap, permainan pendek atau sementara untuk pemain untuk melihat apakah Anda menyukai permainan, gameplay. Versi trial berfungsi hampir dengan cara yang sama seperti program kerja, tetapi tidak sepenuhnya, biasanya tidak menyimpan atau mengekspor pekerjaan sama sekali, menggunakan potensi penuh harus membeli perangkat lunak lengkap atau hanya lisensi software tersebut.
  4. Beta: versi masih dalam pengembangan atau dikembangkan secara konstan (seperti Gmail dan Google lainnya aplikasi). Setelah versi beta ini merilis sebuah Release Candidate (RC) yang merupakan versi terakhir sebelum rilis resmi dari perangkat lunak.
  5. Adware: adalah program yang datang digabungkan dengan program lain, seperti spanduk dan bar pencarian. Adware dapat menjadi batasan dari program shareware dengan menampilkan iklan dan jenis iklan lainnya untuk mendukung proyek tersebut.
    Spanduk dihapus setelah lisensi dibeli
  6. Opensource, GPL dan GNU: Ini adalah sumber, bebas terbuka dan didistribusikan secara bebas tersedia untuk di-download. Pengguna memiliki kebebasan total untuk membuat perubahan mereka sendiri dan kemudian pengembang dapat menggunakan kode ini dalam proyek mengikuti pola yang sama GPL (GNU Public License), yang merupakan format standar open source.
  7. Malware: perangkat Lunak Berbahaya dari Inggris. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan program-program yang bertujuan untuk menyerang dan merusak sistem dan VIRS sebagai Trojan Horse.
  8. Spyware: Software yang bertujuan untuk memantau aktivitas pengguna dan mengumpulkan informasi Anda. Ada berbagai jenis distribusi sebagai Bookware yang terdiri dari membeli sebuah buku tertentu dari penulis untuk perangkat lunak menjadi sah. Beberapa pengembang untuk memperluas koleksi pribadi mereka atau hobi, dan mengembangkan Stampware postcardware dimana pengguna mengirimkan surat atau kartu pos dan pengembang mengirimkan pengguna lisensi atau mendaftarkan perangkat lunak Anda dari jarak jauh.

0 comments:

Post a Comment