Sunday 31 March 2013

Informasi Penjaskes


Kilas Sejarah Sepakbola

Kalau kita simak permainan sepakbola, belum jelas dari mana dan siapa pencipta permainan olahraga tersebut. Sampai sekarang belum ada literatur yang dapat membuktikan secara otentik. Para ahli sejarah pun sampai abad ini belum dapat menunjukkan dari mana asal mula dan siapa pencipta permainan sepakbola.

Dari peninggalan-peninggalan sejarah, kita mengenal beberapa sebutan sepakbola. pada zaman China kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepakbola dikenal dengan istilah " tanchu ". Di Italia pada zaman Romawi di kenal sebagai " haspartun ", di Prancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania  ( Inggris ), di kenal dengan " choule ". di Yunani kuno dikenal istilah "epishyros" dan Jepang dikenal istilah " kemari ".

Pada tanggal 26 oktober 1863 di dirikan sebuah badan yang disebut " English Football Association ". kemudian tanggal 8 desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang di susun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan.

Atas inisiatif Guerin (Prancis) pada tanggal 21 mei 1904 berdirilah Federasi Sepak Bola Internasional dengan nama " Federation International de Football Association "(FIFA). Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 di selenggarakan kejuaraan dunia sepakbola pertama di Montevideo, Uruguay. Karena jasanya, maka mulai tahun 1946 piala dunia tersebut dinamakan " JULES RIMET CUP ". Kejuaraan tersebut di adakan 4 tahun sekali dan mulai tahun 1970 piala tersebut menjadi milik Brasil, sebab negara ini telah berhasil memenangkan piala tersebut sebanyak 3 kali.

Di Indonesia sendiri, tanggal 19 april 1930 dibentuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali di ketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Untuk menghargai jasa-jasa Ir. Soeratin dalam upaya membina dan mempertahankan berdirinya PSSI, maka mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama " PIALA SOERATIN ( SOERATIN CUP ).

0 comments:

Post a Comment